Hadits Sedekah Jangan Menunggu Kaya. Oleh karena itu kak, selagi Allah memberikan serta melapangkan rizki maka bersegeralah untuk berbagi walaupun hanya dari hal yang kecil, sebagaimana Allah berfirman: “Maka barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) nya.” (QS. Kak, setiap keselamatan yang terjadi di dalam menjalani kehidupan ini tidak lepas atas izin Allah dan karuniaNya. Maka sudah sepatutnya kita sebagai makhluk yang di tolong Allah untuk selalu bersyukur dan melakukan ibadah dengan sebenar-benarnya. Jika kakak suka memberi pada sejatinya, maka kita akan menerima hasilnya kelak di akhirat nantinya.

Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan melalui sedekah, umat islam sangat dianjurkan untuk gemar bersedekah walaupun hanya sedikit kak.

Bersedekah Jangan Tunggu Kaya

Hadits Sedekah Jangan Menunggu Kaya. Bersedekah Jangan Tunggu Kaya

Ustazah Saanih dari Majelis Taklim As-Syafi'iyah mengatakan, sedekah bisa dilakukan oleh umat Muslim tanpa perlu menunggu kaya raya. Karena telah diatur itulah, manusia diperlukan menyisihkan hartanya untuk mereka yang mengalami kesulitan. Beliau juga menjabarkan dengan bersedekah, sejatinya seorang hamba telah menolong dirinya sendiri dari kebatilan. Kebanyakan alasan nanti jatuh-jatuhnya, dibiasakan saja (bersedekah), langsung mulai," kata Ustazah Saanih kepada Republika.co.id, pekan lalu.

Dia menyebut, dengan mengurangi beberapa pengeluaran yang bukan bagian dari kebutuhan primer, nilainya bisa disalurkan untuk keperluan sedekah. Sehingga ketika kebutuhan itu tak ditunaikan, maka ia mengaku akan sangat menyesal telah meninggalkannya. Hal ini sebagaimana yang dipesankan Rasulullah dalam hadits riwayat Bukhari Muslim, berbunyi: "Wa rajulun tashaddaqo bi shadaqotin fa akhfaha hatta la ta'lama syimaluhu ma tunfiqu yamiynuhu".

Ini Buktinya Sedekah Tak Perlu Menunggu Kaya

Hadits Sedekah Jangan Menunggu Kaya. Ini Buktinya Sedekah Tak Perlu Menunggu Kaya

“Puncak keikhlasan manusia memang cuma sampai segitu,” ujar Syafii Antonio, ekonom muslim yang banyak berkiprah dalam perbankan syariah di Indonesia ini. Yang tidak boleh itu kan ingin dipuji manusia,” lanjut doktor lulusan University of Melbourne ini.

Salah satu kisah yang terdapat dalam kitab Muwaththa’ karya Imam Malik adalah tentang Ummul Mukminim Aisyah ra. Kebun kecil tetangganya ini dijaga dan dirawat oleh seorang budak hitam yang hanya digaji dengan tiga potong roti setiap hari.

Kepedulian dan semangat berbagi juga menunjukkan kadar keimanan seseorang, sebagaimana sabda Rasulullah, ”Tidaklah beriman, siapa saja yang tidur kekenyangan, sedangkan tetangganya kelaparan, sementara dia mengetahuinya.” (HR al Bazzar).

35 Kata-Kata Mutiara Islami tentang Sedekah dan Amal, Motivasi

Hadits Sedekah Jangan Menunggu Kaya. 35 Kata-Kata Mutiara Islami tentang Sedekah dan Amal, Motivasi

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Islami tentang sedekah dan amal dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk selalu berbuat baik kepada sesama di jalan Allah SWT. Memberikan sedekah dan berbuat amal adalah satu di antara keutaman beribadah kepada Allah. Dengan menjalankannya kamu bisa mendapatkan rindho dan rahmat dariNya. Melalui kata-kata mutiara Islami tersebut kamu juga akan memahami bahwa beramal atau bersedekah tidak hanya dapat dilakukan dengan harta atau uang.

Kamu juga dapat bersedekah kepada orang yang lebih membutuhkan melalui bentuk materi lain, seperti makanan, atau tenaga dan waktu yang kamu miliki. Untuk melakukan amal dan sedekah, kita dituntut untuk tidak menunggu menjadi kaya terlebih dahulu karena sekecil apa pun yang kamu jadikan amal, akan tetap dihitung pahala oleh Allah SWT.

Satu hal lagi yang terpenting adalah saat memberikan sedekah kepada orang lain kita harus tetap dengan keikhlasan karena hal tersebut dapat dihitung sebagai sebuah amal. Berikut 35 kata-kata mutiara Islami tentang sedekah dan amal, yang dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk selalu berbuat baik, seperti dikutip dari MyIslam, Kamis (12/11/2020).

Related Posts

Leave a reply