Bacaan Rakaat Pertama Sholat Tahajud. Menurut Al-Biqa'i yang dikutip dalam tafsir Al-Misbah karya M.Quraish Shihab bahwa tahajud merupakan meninggalkan tidur untuk menunaikan salat. Artinya: "Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu.

Artinya, "Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dan ia marfu'kan kepada Nabi Muhammad SAW, ia berkata: 'Nabi Muhammad ditanya salat apa yang paling utama setelah shalat Maktubah dan puasa apa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadhan?'. Di waktu inilah saat yang paling utama untuk melaksanakan salat tahajud.

Dikutip dalam NU Online, rakaat untuk menjalankan salat tahajud tidak ada batas maksimal. Akan tetapi alangkah baiknya setiap malam tidak dikosongkan dari salat tahajud meskipun hanya dua rakaat.

Hanya saja berbeda niat dan salat tahajud dilakukan dengan syarat tidur terlebih dulu. Artinya, "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya.

Tata Cara Salat Tahajud, Lengkap Beserta Bacaan Niat dan

Bacaan Rakaat Pertama Sholat Tahajud. Tata Cara Salat Tahajud, Lengkap Beserta Bacaan Niat dan

Bola.com, Jakarta - Salat tahajud merupakan amalan sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat-Nya. Telah disebutkan juga di dalam Al-Qur'an bahwa salat tahajud dapat membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah SWT. "Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji.".

Salat sunah ini merupakan ibadah yang istimewa dan banyak mengandung keutamaan. Secara definisi dalam Islam, salat tahajud berarti ibadah sunah yang dikerjakan setelah bangun tidur. Tata cara salat tahajud yang benar harus dilaksanakan sesuai sunah.

Tata cara salat tahajud sesuai sunah sebenarnya mirip salat pada umumnya. Perbedaan mendasar terdapat pada niat, waktu dan jumlah rakaat yang dijalankan.

Berikut rangkuman mengenai salat tahajud dan tata caranya, seperti disadur dari Liputan6, Senin (31/5/2021).

Sholat Tahajud: Waktu, Bacaan, Tata Cara, dan Keutamaan

Bacaan Rakaat Pertama Sholat Tahajud. Sholat Tahajud: Waktu, Bacaan, Tata Cara, dan Keutamaan

Salah satu ibadah sunnah yang amat disukai Allah adalah sholat tahajud. Sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari ini dapat membawa ke tempat terpuji dan mulia di sisi-Nya.

Sholat tahajud merupakan salah satu bentuk pendekatan diri dari hamba kepada Allah SWT. "Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya ialah ketika ia sedang bersujud.

c. Sepertiga ketiga, yaitu kira-kira dari jam 1:30 dini hari sampai dengan masuknya waktu subuh. Waktu ini adalah saat yang paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud.

Bacaan Surat Pendek Sholat Tahajud Seperti Rasulullah

Bacaan Rakaat Pertama Sholat Tahajud. Bacaan Surat Pendek Sholat Tahajud Seperti Rasulullah

Lalu apa saja bacaan surat pendek sholat tahajud yang sesuai dengan sunah Rasul? Namun, menurut Hadis Bukhari dan Muslim Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat termasuk witir. "Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (sholat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersamamu.

Berikut beberapa pilihan bacaan surat pendek sholat tahajud dan artinya yang diambil dari juz ke-30. Baca Juga: Tata Cara Sholat Tahajud: Niat, Doa, dan Waktu yang Tepat.

Tata Cara Sholat Tahajud Beserta Niat dan Bacaan Doanya

Bacaan Rakaat Pertama Sholat Tahajud. Tata Cara Sholat Tahajud Beserta Niat dan Bacaan Doanya

Fimela.com, Jakarta Salah satu amalan atau ibadah yang dianjurkan bagi setiap muslim adalah sholat Tahajud. Sholat Tahajud adalah salat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari. Dalam bahasa arab salat sunnah Tahajud disebut sebagai Salatun Lail yang memiliki arti salat malam.

Perintah untuk mengerjakan sholat Tahajud disebutkan di dalam Al-qur’an. Beberapa di antara dalil yang menyebutkan adalah:.

Artinya : “ Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat Tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Ayat tersebut secara jelas menggambarkan tentang perintah untuk mengerjakan sholat Tahajud sebagai sebuah ibadah tambahan.

Dapat dilihat pula dalam ayat tersebut bahwa Allah akan mengangkat orang-orang yang senantiasa salat Tahajud ke tempat yang terpuji. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulasa tata cara sholat Tahajud beserta niat dan bacaannya.

Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Related Posts

Leave a reply