Kapan Idul Fitri Di Arab Saudi. Dengan sholat di rumah, masyarakat tetap bisa memperoleh berkah dan pahala selama Ramadhan 2020 sambil mencegah penularan COVID-19," kata Grand Mufti. Nabi Muhammad SAW telah menyarankan sholat di rumah untuk ibadah yang sifatnya tidak wajib. Berbagai hal dilakukan Arab Saudi untuk menekan jumlah kasus virus corona (https://www.detik.com/tag/virus-corona) di negaranya. Saudi juga tetap memberlakukan pembatasan sosial, termasuk larangan berkumpul dari 5 orang merujuk peraturan Kementerian Dalam Negeri 7 Mei 2020.

Tetap diberlakukan pembatasan sosial termasuk larangan berkumpul dari 5 orang merujuk peraturan Kementerian Dalam Negeri 7 Mei 2020.

Seperti Indonesia, Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Minggu 24 Mei

Kapan Idul Fitri Di Arab Saudi. Seperti Indonesia, Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Minggu 24 Mei

Sementara itu, Pemerintah RI menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Minggu 24 Mei 2020. "Sidang isbat secara bulat menyatakan 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Ahad atau Minggu pada 24 Mei 2020," kata Menteri Agama Fachrul Razi di Gedung Kemenag, Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Sebelumnya, Kementerian Agama dan sejumlah lembaga terkait menggelar sidang isbat Idul Fitri 2020. Terdapat tiga sesi sidang isbat yang diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 H oleh anggota tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Sidang kemudian dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal untuk menentukan Idul Fitri. Tak ada referensi empirik visibilitas (ketampakan) hilal awal Syawal 1441 H bisa teramati di seluruh wilayah Indonesia pada Jumat kemarin. Hal tersebut diungkapkan pakar astronomi dari Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya. Cecep mengatakan, penetapan awal bulan hijriyah didasarkan pada hisab dan rukyat.

Proses hisab sudah ada dan dilakukan oleh hampir semua ormas Islam. Ini sifatnya informastif, konfirmasinya menunggu hasil rukyat dan keputusan sidang isbat,” tambah dia.

45 Negara Ikuti Keputusan Arab Saudi, 1 Ramadhan 2022 Dimulai

Kapan Idul Fitri Di Arab Saudi. 45 Negara Ikuti Keputusan Arab Saudi, 1 Ramadhan 2022 Dimulai

DESKJABAR – Berbeda dengan di Indonesia, Arab Saudi menetapkan 1 Ramadhan 2022 dimulai Sabtu 2 April 2022. Dengan penetapan 1 Ramadhan 2022 pada Sabtu 2 April 2022, tercatat sebanyak 45 negara mengikuti jejak penetapan Arab Saudi, termasuk warga muslim di Singapura.

Penetapan 1 Ramadhan oleh pemerintah Arab Saudi, disampaikan anggota Ilmu Astronomi dan Luar Angkasa Serikat Arab, Ibrahimi Al-Jarwan. Ibrahimi Al-Jarwan mengemukakan bahwa sebagian besar negara-negara Arab akan memulai Ramadan pada hari esok tersebut.

Sehingga, Idul Fitri akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Untuk menetapkan awal Ramadhan 1443 Hijriyah, ditentukan oleh penampakan hilal.

Arab Saudi dan negara-negara mayoritas Muslim lainnya mengandalkan kesaksian para pengamat hilal. Penentuan hilal tanda dimulainya 1 Ramadhan 1443 Hijriyah yang dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi sering jadi acuan sejumlah negara Islam.

Sebuah tim pengamat astronomi di Hautat Sudair Arab Saudi, sebuah desa yang terletak di persimpangan antara Riyadh, Sudair, dan Qassim, akan mengamati penampakan hilal.

Related Posts

Leave a reply