Ketentuan Zakat Fitrah Berapa Liter. Dengan demikian, satu sha memuat empat kali cakupan penuh dua telapak tangan orang dewasa sebagaimana pandangan Mazhab Maliki berikut ini. Satu mud adalah cakupan penuh dua telapak tangan pada umumnya,” (Lihat Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh , [Beirut, Darul Fikr: 1985 M/1405 H], cetakan kedua, juz II, halaman 910).

ومقدارها صاع عراقي وهو أربع حفنات بكفي رجل معتدل القامة؛ لأنه الذي أخرج به في عهده صلّى الله عليه وسلم. Artinya, “Ukuran zakat fitrah sebesar satu sha Iraq, yaitu empat cakupan penuh dua telapak tangan pria pada umumnya karena satu sha ini menjadi ukuran zakat yang dikeluarkan di zaman Rasulullah SAW,” (Lihat Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh , [Beirut, Darul Fikr: 1985 M/1405 H], cetakan kedua, juz II, halaman 911). Ad-Daruquthni meriwayatkan hadits dari Imam Malik bin Anas bahwa sha yang digunakan Nabi Muhammad SAW berukuran lima 1/3 ritl Iraq, (Lihat Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh , [Beirut, Darul Fikr: 1985 M/1405 H], cetakan kedua, juz II, halaman 911). Jika dikonversi ke dalam satuan berat, maka ukuran sha menurut Mazhab Syafi‘i setara dengan 2751 gram (2,75 kg).

Besaran Zakat Fitrah Beras dan Uang, Cek Perbedaan Ketentuan

Ketentuan Zakat Fitrah Berapa Liter. Besaran Zakat Fitrah Beras dan Uang, Cek Perbedaan Ketentuan

Bagi muslimin dan muslimat yang hendak menunaikannya, disunnahkan ibadah ini dilaksanakan sejak awal bulan suci Ramadan sampai sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Perlu diingat jika melaksanakannya setelah salat Ied usai, maka dinilai sebagai sedekah biasa.

Apabila ditunaikan dalam rupa uang, maka besarannya harus selaras dengan harga beras yang dikonsumsi. Menurut Surat Keputusan Ketua BAZNAS nomor 10/2022 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Ibu Kota DKI Jakarta Raya dan Sekitarnya, nilai zakat fitrah uang adalah Rp 45 ribu per hari per jiwa.

Khusus untuk ASN (aparatur sipil negara) dan warga yang berzakat melalui BAZNAS, besarannya adalah Rp 33 ribu atau beras 2,7 kg per orang. Melihat adanya perbedaan ini, maka dari itu warga muslim hendaknya juga mencari informasi ketetapan besaran zakat fitrah uang di tempat tinggalnya masing-masing. Kembali merujuk pada situs BAZNAS, jumlah zakat fitrah beras adalah 2,5 kilogram atau 3,5 liter per jiwa.

Bagi yang akan membayar zakat fitrah untuk diri sendiri, begini bunyi niatnya:. Melalui menunaikan zakat fitrah dalam bentuk uang maupun beras ini, umat Islam diharapkan dapat saling membagi rasa kebahagiaan di Hari Raya Idul Fitri.

Zakat Fitrah 2022 untuk Wilayah Parepare Berapa, Begini

Ketentuan Zakat Fitrah Berapa Liter. Zakat Fitrah 2022 untuk Wilayah Parepare Berapa, Begini

"Kami sudah rapat bersama dan menentukan besaran nilai zakat fitrah yang harus dibayarkan. Penentuan nilai zakat fitrah ini sesuai dengan masukan dan saran pemerintah daerah serta perwakilan organisasi kemasyarakatan atau lembaga keagamaan. Tahun ini ditetapkan berdasarkan harga beras dengan kualitas yang nilainya setara 4 liter. Pembayaran zakat fitrah hendaknya disegerakan sebelum Lebaran Idul Fitri agar maksimal dalam penyalurannya dan dapat dirasakan oleh masyarakat yang berhak menerima. Dikonfirmasi terpisah, Ketua MUI Parepare KH Abdul Halim K menyampaikan zakat bertujuan untuk membersihkan segala kotoran dari apa yang diucapkan.

Pengertian Zakat Fitrah dan Zakat Mal, Ketentuan dan Perhitungan

Ketentuan Zakat Fitrah Berapa Liter. Pengertian Zakat Fitrah dan Zakat Mal, Ketentuan dan Perhitungan

Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5). mewajibkan zakat pada harta orang-orang kaya dari kaum muslimin sejumlah yang dapat memberikan jaminan kepada orangorang miskin di kalangan mereka. Sebagai contoh, zakat mal terdiri atas uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, dan lain-lain, sebagaimana yang terdapat dalam UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, Peraturan Menteri Agama No 52 Tahun 2014 yang telah diubah dua kali dengan perubahan kedua adalah Peraturan Menteri Agama No 31/2019, dan pendapat Syaikh Dr. Yusuf Al-Qardhawi serta para ulama lainnya. Demikian pula, jika ada anak yang lahir sebelum matahari terbenam pada akhir Ramadan, ia tetap dikenai zakat fitrah.

Dalam Ihya Ulumuddin, Al-Ghazali menyebutkan, seorang suami dikenai kewajiban untuk membayar zakat fitrah istrinya, anak-anaknya, budaknya, atau dapat disebut setiap anggota keluarga yang menjadi tanggungannya.

Related Posts

Leave a reply